MU’ROB DAN MABNI (المُعْرَب وَ اْلمَبنْىِ)
Mu’rob
Ialah kalimah yang bentuk atau harokat akhirnya dapat berubah sesuai dengan kedudukannya dalam suatu jumlah. Kalimah mu’rob ada dua yaitu :
1. Mu’rob dengan harokat
2. Mu’rob dengan huruf
Sebagaimana yang tertera dalam tabel berikut.
No | Kalimah Mu’rob | Contoh | ||||
Rofa’ | Nashob | Jer | Jazem | |||
1 | Dengan harokat | Isim mufrod | جَلَسَ عَلِىٌّ | رَاَيْتُ عَلِيّاً | مَرَرْتُ بِعَلِىٍّ | - |
2 | Isim jama’ taksir | قاَمَ الرِّجاَلُ | رَاَيْتُ رِجاَلاً | مَرَرْتُ بِرِجاَلٍ | - | |
3 | Isim jama’ mu’annats salim | قَعَدَتْ الـمُسْلِماَتُ | رَاَيْتُ الـمُسْلِماَتُ | مَرَرْتُ بِالْمُسْلِماَتِ | - | |
4 | Fi’il mudlori’ | يَجْلِسُ كَرِيْمٌ | اَنْ يَجْلِسَ كَرِيْمٌ | - | لَمْ يَجْلِسْ كَرِيْمٌ | |
1 | Dengan huruf | Isim tasniyyah | جَاءَ رَجُلاَنِ | رَاَيْتُ رِجَالَــيْنِ | مَرَرْتُ بِرِجَالَــيْنِ | - |
2 | Isim jama’ mudzakkar salim | جَاءَ مُسْلِمُوْنَ | رَأَيــْتُ مُسْلِمِيْنَ | مَرَرْتُ بِمُسْلِمِيْنَ | - | |
3 | Asma’ul khomsah | جاَءَ اَبــُوْكَ | رَاَيْتُ اَباَكَ | مَرَرْتُ بِاَبِيْكَ | - | |
4 | Af’alul khomsah | يَنْصُراَنِ | لَنْ يَنْصُراَ | - | لَمْ يَنْصُراَ |
Kalimah mu’rob dengan harokat di atas semuanya di rofa’kan dengan dlommah, di nashobkan dengan fathah, dan di jer kan dengan kasroh.kecuali :
1. Isim jama’ mu’annats salim (nashob dengan kasroh) :رَأَيــْتُ اْلـمُسْلِماَتِ
2. Isim ghoiru munshorif (jer dengan fathah) :بِتُّ بِمَكَّةَ
3. Fi’il mudlori’ mu’tal akhir (jazem dengan membuang huruf ‘illat) :لَمْ يَرْمِ
Mabni
Ialah kalimah yang bentuk atau harokat akhirnya tidak dapat berubah, meskipun kedudukannya dalam suatu jumlah berubah.
Adapun kalimah isim yang berhukum mabni itu ada enam, yaitu :
No | Isim mabni | Keterangan | Seperti |
1 | Isim Dlomir (اسم ضمير) | Ialah isim yang menunjukkan arti kata ganti orang pertama, orang kedua atau orang ketiga. | هُوَ- هُماَ- هُمْ- هِيَ- هُماَ- هُنَّ- اَنتَ- اَنْتُماَ- اَنـــْتُمْ- اَنْتِ- اَنْتُماَ- اَنْتُنَّ- اَناَ- نَحْنُ (contoh: هُوَ رَجُلٌ عاَلِمٌ ) |
2 | Isim Maushul (اسم موصول) | Ialah isim yang baru bisa menunjukkan sesuatu yang tertentu setelah dirangkaikan dengan shilah.(jumlah yang jatuh setelah isim maushul) | الَّذِى- الَّذَانِ- الَّذِيْنَ الَّتِى- الَّتاَنِ- اللَّآئىِ مَنْ- ماَ (contoh: زَيْدٌ الَّذِى قَامَ ) |
3 | Isim Syarat (اسم شرط) | Ialah isim mabni yang menghubungkan diantara dua jumlah, jumlah yang pertama merupakan syarat bagi jumlah yang ke dua. | مَنْ- ماَ- اَىٌّ- مَتىَ- مَهْماَ- اَيـــْنَ- أَنىَّ- حَيْثُماَ- اِذْماَ (contoh: مَنْ يَنْصُرْ اَنْصُرْ ) |
4 | Isim Isyaroh (اسم اشارة) | Ialah isim yang menunjukkan sesuatu yang tertentu, baik isyarat dengan tangan atau lainnya. | هٰذاَ- هٰذاَنِ- هٰؤُلآءِ- هٰذِهِ- هٰتاَنِ-هٰؤُلآءِ - ذٰلِكَ- ذَانِكَ- اُولۤئِكَ- تِلْكَ- تاَنِكَ- اُولۤئِكَ (contoh: هٰذاَ قَلَمٌ ) |
5 | Isim Istifham (اسم استفهام) | Ialah isim mabni yang digunakan untuk menanyakan sesuatu. | هَلْ- اَيْنَ- كَمْ- كَيْفَ (contoh: كَيْفَ حَالُكَ ) |
6 | Isim fi’il (اسم فعل) | Ialah isim yang mengandung ma’na fi’il, akan tetapi tidak menerima tandanya. | هَيْهاَتَ Bermakna بَعُدَ قَطُّ Bermakna يَكْفِى (contoh: هَيْهاَتَ زَيْدٌ مَسْكَناً ) |
Isim-Isim mu’rob dan Isim-Isim yang berhukum mabni
Isim Mu’rob | 1 | Isim mufrod | Isim Mabni | 1 | Isim Dlomir |
2 | Isim tasniyyyah | 2 | Isim Maushul | ||
3 | Isim jam’ taksir | 3 | Isim Syarat | ||
4 | Isim jama’ mudzakkar salim | 4 | Isim Isyaroh | ||
5 | Isim jama’ mu’annats salim | 5 | Isim Istifham | ||
6 | Asma’ul khomsah | 6 | Isim fi’il |
BEBERAPA FI’IL (الأَفْعاَل)
Fi’il ada tiga, yaitu :
1. Fi’il Madli : Ialah kalimat yang menunjukkan arti pekerjaan dan bersamaan dengan zaman yang telah lampau.
Contoh : فَتَحَ (telah membuka), نَصَرَ زَيْدٌ بَكْراً (Zaid telah menolong bakr)
2. Fi’il Mudlori’ : Ialah kalimat yang menunjukkan arti pekerjaan dan bersamaan dengan zaman hal (sekarang) atau zaman mustaqbal (akan datang), dan didahului oleh huruf mudloro’ah ( ا – ن – ي – ت )
Contoh : يَجْلِسُ فَرِيْدٌ (farid sedang/akan duduk), يَفْتَحُ عَلِىٌّ البَابَ (Ali sedang/akan membuka pintu)
3. Fi’il ‘Amar :Ialah kalimat yang menunjukkan arti perintah yang bersamaan dengan zaman mustaqbal (akan datang).
Contoh : اِضْرِبْ (pukullah), اَكْرِمْ زَيْدًا (mulyakanlah zaid)
Adapun hukum-hukum fi’il tersebut, adalah sebagai berikut :
1. Fi’il Madli berhukum mabni, dan mabninya ada tiga, yaitu :
Contoh : صَانَ , اَكْرَمَ
b. Mabni dlommah, apabila bertemu dengan wawu jama’
Contoh : نَصَرُوْا , قَعَدُوْا
c. Mabni sukun, apabila bertemu dengan dlomir rofa’ mutaharrik
Contoh : نَصَرْنَ , نَصَرْتَ , نَصَرْتُماَ , نَصَرْتُمْ , نَصَرْتِ , نَصَرْتُماَ , نَصَرْتُنَّ , نَصَرْتُ , نَصَرْناَ
2. Fi’il Mudlori’ berhukum mu’rob, apabila tidak bertemu dengan nun taukid atau Nun jama’ niswah, dan jika bertemu dengan dua hal tersebut maka berhukum mabni.
a. Mu’rob, apabila tidak bertemu nun taukid atau Nun jama’ niswah[3].
Contoh : يَكْتُبُ (Rofa’), اَنْ يَكْتُبَ (nashob), لَمْ يَكْتُبْ (jazem)
b. Mabni fathah, apabila bertemu nun taukid[4].
Contoh : لَمْ يَضْرِبَنَّ , يَجْلِسَنْ
c. Mabni sukun, apabila bertemu nun jama’ niswah.
Contoh : يَفْتَحْنَ , لَنْ يُكْرِمْنَ
3. Fi’il amar berhukum mabni, dan mabninya ada tiga, yaitu :
a. Mabni Sukun, apabila Shohih akhir dan Tidak bertemu sesuatu[5].
Contoh : اَكْرِمْ , اَحْسِنْ
b. Mabni membuang huruf ‘illat, apabila Mu’tal akhir dan tidak bertemu sesuatu.
Contoh : اُغْزُ asalnya اغْزُوْ
c. Mabni membuang nun tanda rofa’, apabila Bertemu :
- Alif tasniyyah, contoh : انْصُرَا asalnya انْصُرَانِ
- Wawu jama’, contoh : انْصُرُوْا asalnya انْصُرُوْنَ
- Ya’ mu’annats mukhotobah, contoh : انْصُرِيْ asalnya انْصُرِيْنَ
Amil nawashib (amil yang menashobkan fi’il mudlori’) itu ada sepuluh yaitu :
No | Amil | Arti | Contoh | |
Jawa | Indonesia | |||
1 | اَنْ | yentho | - | يُعْجِبُنِى اَنْ تَقُوْمَ |
2 | لَنْ | Ora bakal | Tidak akan | لَنْ يَقُوْمَ زَيْدٌ |
3 | اِذَنْ | Dumada’an | Tiba tiba/seketika | زُرْتُكَ فَتَقُوْلُ اِذَنْ اُكْرِمَكَ |
4 | كَىْ | Supoyo | Supaya | اَقْرَأُ كَىْ اَفْهَمَ |
5 | لاَمُ كَىْ | Kerono/supoyo | Supaya | اِنَّا اَنْزَلْناَ اِلَيْكَ الذِّكْرَ لِتُبَيِّنَ لِلنَّاسِ |
6 | لاَمُ اْلجُحُوْد | Drapun | - | لَمْ يَكُنِ اللهُ لِيَغْفِرَلَهُمْ |
7 | حَتّٰى | Sehinggo | Sehingga | اَسْلِمْ حَتّٰى تَدْخُلَ اْلجَنَّةَ |
8 | فاء سَبَبِيَّة | Mongko sebabe | Maka sebabnya | اَقْبِلْ فَاُحْسِنَ اِلَيْكَ |
9 | وَاوُ مَعِيَّة | Sartane | Serta | اِتَّقِ اللهَ وَتَعْمَلَ صَالِحاً |
10 | اَوْ | Ora/maring | Tidak/kepada | لَأَقْتُلَنَّ اْلكَافِرَ اَوْ يُسْلِمَ |
Amil jawazim (amil yang menjazemkan fi’il mudlori’) itu ada delapan belas yaitu
No | Amil | Fungsi | Arti | Contoh | |
Jawa | Indonesia | ||||
1 | لَمْ | Menjazemkan satu fi’il mudlori’ | Ora | Tidak | لَمْ يَفْتَحْ زَيْدٌ الباَبَ |
2 | لَمَّا | لَمَّا يَضْرِبْ زَيْدٌ | |||
3 | اَلَمْ | Onoto wes ora | Apakah sudah tidak | اَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ | |
4 | الَمَّا | اَلَمَّا اُحْسِنُ اِلَيْكَ | |||
5 | لام اَمْر | Supoyo | Supaya/hendaklah | لِيَنْصُرْ كَرِيْمٌ سَعِيْدًا | |
لام دُعَاء | Mugo mugo | Semoga | لِيَغْفِرْنَا رَبُّنَا | ||
6 | لا نـَهِى | Ojo | Jangan | لاَ تَحْزَنْ اِنَّ اللهَ مَعَنَا | |
لا دُعَاء | رَبَّنَا لَا تُعَذِّبْنَا | ||||
7 | إنْ | Menjazemkan dua fi’il mudlori’. | Lamun | Apabila | اِنْ يَقُمْ فَرِيْدٌ تَقُمْ فاَطِمَةُ |
8 | مَا | Endi-endine barang | Selama/mana saja | وَمَا تَفْعَلُوْا يَعْلَمْهُ اللهُ | |
9 | مَنْ | Sopo wonge | Barangsiapa | مَنْ يَجْلِسْ اَجْلِسْ | |
10 | مَهْمَا | Semongso mongso/endi | Kapan kapan | مَهْمَا تَنْصُرْ اَنْصُرْ | |
11 | اِذْمَا | Lamun | Apabila | اِذْمَا تَفْعَلْ اَفْعَلْ | |
12 | اَيٌّ | Endi endi | Siapa saja | اَيُّهُمْ يَقُمْ اَقُمْ | |
13 | مَتٰى | Kapan | Kapanpun | مَتٰى تَأْكُلْ اٰكُلْ | |
14 | اَيّاَنَ | Endi endi | Siapa saja | اَيَّانَ تَعْدِلْ اَعْدِلْ | |
15 | اَيْنَ | Ingdalem endi enggon | Dimana saja | اَيْنَمَا تَنْزِلْ اَنْزِلْ | |
16 | اَنّٰى | اَنّٰى تَطْلُبْ العِلْمَ تَرْبَحْ | |||
17 | حَيْثُمَا | حَيْثُمَا تَسْتَقِمْ تَرْبَحْ | |||
18 | كَيْفَمَا | Koyo piye | Bagaimanapun | كَيْفَمَا تَجْلِسْ اَجْلِسْ |
Adapun اذا bisa menjazemkan fi’il mudlori’,tapi khusus dalam syi’ir.
Contoh : وَاِذَا تُصِبْكَ خَصَاصَةٌ فَتَحَمَّلَ * .....
ISIM-ISIM YANG DI BACA ROFA’ (مَرْفُوْعاَتِ اْلأَسْماَء)
Kalimat isim harus di baca rofa’ pada tujuh tempat yaitu :
No | Isim marfu’ | Seperti | Contoh |
1 | Fa’il | سَعِيْدٌ | حَضَرَ سَعِيْدٌ اَماَمَ اْلـمَدْرَسَةِ |
2 | Na’ibul fa’il | حُضِرَ سَعِيْدٌ فِى اْلفَصْلِ | |
3 | Mubtada’ | سَعِيْدٌ حاَضِرٌ فِى اْلحَفْلَةِ | |
4 | Khobar mubtada’ | اَخِيْ سَعِيْدٌ | |
5 | Isimnya كان | كَانَ سَعِيْدٌ عاَلِمًا | |
6 | Khobarnya إنّ | اِنَّ اَخاَكَ سَعِيْدٌ | |
7 | Tawabi’ a). Na’at | جَمِيْلَةٌ | هٰذِهِ تِلْمِيْذَةٌ جَمِيْلَةٌ |
b). Athof | فاَطِمَةُ | جَلَسَتْ عاَئِشَةُ ثُمَّ فاَطِمَةُ | |
c). Taukid | نَفْسُهَا | حَضَرَتْ الفاَطِمَةُ نَفْسُهَا | |
d). Badal | اُسْتَاذُكَ | جَاءَ سَعِيْدٌ اُسْتَاذُكَ |
FA’IL (فاَعِل)
Fa’il (Subyek) adalah kalimat isim yang di baca rofa’ yang jatuh setelah fi’il (kata kerja).
Fa’il terbagi dua yaitu :
1. Fa’il isim dhohir (ظاهر)
Contoh : فَتَحَ عَلِيٌّ الباَبَ
2. Fa’il isim dlomir (ضمير / kata ganti)
Contoh :فَتَحْتُ اْلباَبَ
Adapun pembagian fa’il adalah sebagaimana yang tertera dalam tebel berikut :
Fa’il | Dhohir | فَتَحَ عَلِيٌّ الباَبَ | |||
Dlomir | Munfashil | Ghoib/ghoibah | لَمْ تَذْهَبْ اِلاَّهِىَ - ماَ ذَهَبَ اِلاَّهُوَ | ||
Mukhotob/mukhotobah | لَنْ تَذْهَبَ اِلاَّ اَنْتِ – لَا يَذْهَبُ اِلاَّ اَنْتَ | ||||
Mutakallim | ماَ ذَهَبَ اِلاَّ اَناَ – لَا يَذْهَبُ اِلاَّ نَحْنُ | ||||
Muttashil | Bariz | Alif tasniyyah | ذَهَباَ – يَذْهَباَنِ | ||
Wawu jama’ | نَصَرُوْا – يَنْصُرُوْنَ | ||||
Dlomir rofa’ mutaharrik | جَلَسْنَ – يَجْلِسْنَ | ||||
Mustatir | Ghoib/ghoibah | ذَهَبَ – ذَهَبَتْ – يَذْهَبُ | |||
Mukhotob/mukhotobah | تَذْهَبُ – اَذْهَبُ | ||||
Mutakallim | اَذْهَبُ – نَذْهَبُ |
· Dlomir munfashil (ضمير منفصل) :ialah dlomir yang dapat di buat mubtada’ dan dapat mengiringi lafadz الاّ pada waktu bebas (bukan dlorurat syi’ir)
· Dlomir muttashil (ضمير متصل) :ialah dlomir yang tidak dapat di buat mubtada’ dan tidak dapat mengiringi lafadz الاّ pada waktu bebas (bukan dlorurat syi’ir)
· Bariz (بارز / tampak) :ialah dlomir yang lafadznya ada bentuknya
· Mustatir (مستتر / tersimpan) :ialah dlomir yang lafadznya tidak ada bentuknya dan tidak mungkin di ucapkan tetapi ada dalam perkiraan
· Ghoib/ghoibah (غائب/غائبة) :kata ganti orang ke tiga
· Mukhotob/mukhotobah (مخاطب/مخاطبة):kata ganti orang kedua
· Mutakallim (متكم) :kata ganti orang pertama
· Alif tasniyyah (الف تثنية) :alif yang menunjukkan arti dua
NA’IBUL FA’IL (ناَئِبُ اْلفاَعِل)
Na’ibul fa’il adalah isim yang di baca rofa’ untuk mengganti kedudukan fa’il yang telah di buang. Atau isim yang di baca rofa’ yang jatuh setelah fi’il mabni majhul.
Adapun cara membuat fi’il menjadi mabni majhul (مبنى مجهول / kalimat pasif)adalah :
· Fi’il madli : di dlommah huruf yang pertama dan di kasroh huruf sebelum akhir.
Contoh :نَصَرَ (menolong) menjadi نُصِرَ (di tolong)
فَتَحَ (membuka) menjadi فُتِحَ (di buka)
· Fi’il mudlori’ : di dlommah huruf yang pertama dan di kasroh huruf sebelum akhir.
Contoh : يَجْلِسُ (menduduki) menjadi يُجْلَسُ (di duduki)
يَكْتُبُ (menulis) menjadi يُكْتَبُ (di tulis)
· Adapun untuk fi’il madli bina’ ajwaf ketika di jadikan mabni majhul maka menurut pendapat yang masyhur adalah di kasroh fa’ fi’ilnya.
Contoh : صَانَ (menjaga) menjadi صِيْنَ (di jaga)
باَعَ (menjual) menjadi بِيْعَ (di jual)
MUBTADA’ & KHOBAR (المُبْتَداَء وَ اْلخَبَر)
Mubtada’
Adalah kalimah isim yang di baca rofa’ yang sunyi dari amil lafdzi (amil yang berbentuk lafadz), dan di rofa’kan oleh amil ma’nawi ibtida’.
Mubtada’ adakalanya berupa isim dlomir munfashil dan adakalnya berupa isim dhohir.
Contoh : berupa isim dlomir : اَنْتَ جَالِسٌ - اَناَ قَائِمٌ berupa isim dhohir : الأُسْتاَذُ جَالِسٌ - التِلْمِيْذُ قَائِمٌ
Khobar
Adalah kalimah isim yang di baca rofa’ yang di sandarkan pada mubtada’.Khobar ada dua yaitu.
Khobar mufrod harus sesuai dengan mubtada’ dalam dua hal yaitu :
a. Mufrod, tasniyyah dan jama’. Contoh : عَلِىٌّ قَائِمٌ – عَلِيَّانِ قاَئِماَنِ
b. Mudzakkar dan mu’annatsnya. Contoh : عَلِىٌّ قاَئِمٌ – فاَطِمَةُ قاَئِمَةٌ
2. Khobar ghoiru mufrod adalah Khobar yang lafadznya berupa jumlah atau menyerupai jumlah.
Contoh :a) berupa jumlah ismiyyah : زَيْدٌ اَبُوْهُ قاَرِئٌ
b) berupa jumlah fi’liyyah : اَنْتَ يَجْلِسُ
c) berupa dhorof : عَمْرٌو عِنْدِى
d) berupa jer majrur : اَناَ فِى اْلمَسْجِدِ
AMIL AMIL YANG MASUK PADA MUBTADA’ DAN KHOBAR
Amil amil yang masuk pada susunan mubtada’ dan khobar serta merusak hukumnya (عامل نواسخ) itu ada tiga yaitu :
1. كان dan saudara-saudaranya
2. إنّ dan saudara-saudaranya
3. ظنّ dan saudara-saudaranya
كان DAN SAUDARANYA (كان و اخاتها)
· Lafadz كان beramal MeRofa’kan mubtada’ menjadi isimnya dan menashobkan Khobar untuk menjadi Khobarnya.
Contoh : كاَنَ زَيْدٌ قاَئِماً
· Demikian pula beramal seperti كان Yaitu saudara saudaranya كان :
اَصْبَحَ - صاَرَ - اَمْسٰى - اَضْحٰى - ظَلَّ - باَتَ - لَيْسَ - ماَ بَرِحَ – ماَ زَالَ - ماَ فَتِئ َ - ماَ انْفَكَّ
مَا دَامَ
1. بَرِحَ – زَالَ - فَتِئَ - انْفَكَّ Bisa beramal dengan syarat di dahului oleh Nafi
2. داَمَ Bisa beramal dengan syarat di dahului oleh ما مصدريّة ظرفيّة
· Lafadz lafadz yang di tashrif dari fi’il madli كان dan saudara saudaranya, berupa masdar, isim fa’il, fi’il mudlori’, fi’il amar semua itu beramal seperti fi’il madlinya, yaitu merofa’kan mubtada’ sebagai isimnya dan menashobkan khobar sebagai khobarnya
No | Amil | Arti | Contoh | |
Jawa | Indonesia | |||
1 | كَانَ | Ono | Ada | كاَنَ مُحَمَّدٌ عَالِمًا |
2 | اَصْبَحَ | Dadi/isuk isu’an | Pagi pagi | اَصْبَحَ زَيْدٌ غَاسِلاً |
3 | صَارَ | Dadi | Menjadi | صَارَ التِّلْمِيْذُ اُسْتَاذًا |
4 | اَمْسٰى | Sore sore | Sore hari | اَمْسٰى فَرِيْدٌ مُصَلِّياً |
5 | اَضْحٰى | Dadi/ manjing dluha | Masuk waktu dluha | اَضْحٰى الفَقِيْهُ مُدَرِّساً |
6 | ظَلَّ | Dadi/sa’ awan awan | Siang hari | ظَلَّ عَلِىٌّ صاَئِماً |
7 | باَتَ | Suwengi wengi | Semalam suntuk | باَتَ مُحـَمَّدٌ مُعْتَكِفاً |
8 | لَيْسَ | Ora ono | Bukanlah | لَيْسَ مُـحَمَّدٌ بـَخِيْلاً |
9 | ماَ بَرِحَ | Ora lebaran | Senantiasa | ماَ بَــرِحَ مـُحَمّدٌ مـُجْتَهِداً |
10 | ماَ زَالَ | Ora gingsir gingsir | Masih/selalu | مَا زَالَ اللهُ مـُحْسِناً |
11 | ماَ فَتِئَ | Ora pot | Masih | ماَ فَتِئَ اْلعِلْمُ ناَفِعاً |
12 | ماَانْفَكَّ | Ora kapecat | Selalu | ماَانْفَكَّ اْلعَقْلُ ناَصِراً |
13 | ماَ دَامَ | Selagi langgeng | Selama | اَجْلِسُ ماَدَامَ عَلِىٌّ جاَلِساً |
إنّ DAN SAUDARA SAUDARANYA (اِنَّ وَ اَخَواَتُهاَ)
· Lafadz إنّ beramal Menashobkan mubtada’ menjadi isimnya dan Merofa’kan Khobar untuk menjadi Khobarnya.
Contoh :إنَّ زَيْداً قاَئِمٌ
· Demikian pula beramal seperti إنّ Yaitu saudara saudaranya إنّ :
أنّ - لَيْتَ - كَأنَّ - لَكِنَّ - لَعَلَّ
1. إنّ dan أنّ berfaidah توكيد /taukid (Menguatkan)
2. ليت berfaidah تَمَنِّى / tamanni (Harapan yang jarang/tidak mungkin terjadi)
3. كأنّ berfaidah تَشْبِيْه / tasybih (Menyerupakan)
4. لكنّ berfaidah اِسْتِدْرَاك / istidrok (Menyangkal kalimat atau ucapan)
5. لعلّ berfaidah تَرَجِّى / tarojji (Harapan Yang banyak terjadi)
No | Amil | Arti | Contoh | |
Jawa | Indonesia | |||
1 | إنَّ | Sa’ temene | Sesungguhnya | إنّ اللهَ غَفُوْرٌ رَحِيْمٌ |
2 | أَنَّ | اَنَّ اللهَ شَدِيْدُ الْعِقاَبِ | ||
3 | لَيْتَ | Menowo menowo | Seandainya/semoga | لَيْتَ الْوَقْتَ رَاجِعٌ |
4 | كأنّ | Koyo koyo | Seakan akan | كَأَنَّ كَرِيْماً اَسَدٌ |
5 | لٰكِنَّ | Tetapine | Tetapi | سَعِيْدٌ عَالِمٌ لٰكِنَّ وَلَدَهُ جاَهِلٌ |
6 | لَعَلَّ | Menowo menowo | Seandainya/semoga | لَعَلَّ اللهَ يَرْحَـمُناَ |
ظَنَّ DAN SAUDARA-SAUDARANNYA ظَنَّ وَ اَخَواَتُهاَ)
· Lafadz ظَنَّ beramal, menashobkan mubtada’ menjadi maf’ul pertama dan menashobkan khobar menjadi maf’ul kedua.
Contoh : ظَنـَنْتُ زَيْداً عَالِماً
· Demikian pula beramal seperti ظَنَّ Yaitu saudara saudaranya ظَنَّ :
خاَلَ - حَسِبَ – زَعَمَ – رَأَى – عَلِمَ – وَجَدَ – جَعَلَ – اِتَّخَذَ – سَمِعَ
No | Amil | Arti | Contoh | |
Jawa | Indonesia | |||
1 | ظَنَّ | Nyono | Menyangka/mengira | ظَــنَنْتُ زَيْداً عاَلِماً |
2 | خاَلَ | خاَلَ عَلِىٌّ الِهلاَلَ لاَئِحاً | ||
3 | حَسِبَ | حَسِبْتُ عَابِداً سَالِماً | ||
4 | زَعَمَ | زَعَمْتُ عاَرِفاً كَذَّابًا | ||
5 | رَأَى | Nyoto/ngeyakinake | Yakin | رَأَيْتُ اللهَ اَكْبَرَ |
6 | عَلِمَ | عَلِمْتُ الْكِتاَبَ جَدِيْداً | ||
7 | وَجَدَ | وَجَدْتُ النَّحْوَ ناَفِعاً | ||
8 | جَعَلَ | Dadi ake | Menjadikan | جَعَلْتُ الطِّيْنَ اِبْرِيْقاً |
9 | اِتَّخَذَ | اِتَّخَذْتُ بَكْراً صَدِيْقاً | ||
10 | سَمِعَ | Krungu | mendengar | سَمِعْتُ قَوْلَ كَرِيْمٍ صَرِيْحاً |
NA’AT (النَّعْت)
Na’at adalah isim yang menjadi sifat pada isim sebelumnya. Na’at ada dua:
1. Na’at hakiki. Yaitu na’at yang merofa’kan isim dlomir yang kembali pada man’utnya.
Contoh : قَعَدَ كَرِيْمٌ عاَلِمٌ
Na’at hakiki harus mengikuti man’utnya dalam sepuluh hal yang diringkas menjadi empat. Yaitu:
A. I’rob Rofa’, nashob dan jer : نَصَرْتُ بَكْراً الصَّالِحُ – بَكْرٌ صَالِحٌ عاَلِمٌ
B. Mufrod, tasniah dan jama’ : جاَءَ رَجُلاَنِ جاَمِلاَنِ – قاَمَ زَيْدُوْنَ اْلمُؤْمِنُوْنَ
C. Mudzakar dan mu’annats : حَضَرَ عَلِىٌّ المُسْلِمُ – حَضَرَتْ فَاطِمَةُ الْمُسْلِمَةُ
D. Ma’rifat dan nakiroh : نَصَرْتُ زَيْنَبُ اْلجَمِيْلَةُ – نَصَرَتُ امْرَأَةً جَمِيْلَةً
2. Na’at sababi. Yaitu na’at yang meRofa’kan isim dhohir sesudahnya.
Adapun na’at sababi harus mengikuti man’utnya dalam lima hal yang diringkas menjadi dua. Yaitu :
A. I’rob Rofa’, nashob dan jer : جاَءَ عَلِىٌّ القاَئِمُ اَخُوْهُ
B. Ma’rifat dan nakiroh : جاَءَ رَجُلٌ قاَئِمٌ اَخُوْهُ
- Isim nakiroh adalah isim yang menunjukkan arti sesuatu yang belum tertentu. Yaitu berupa lafadz yang patut menerima ال mu’atsir (ال مُؤَثِّر).
Contoh : انْساَنٌ - رَجُلٌ
- Sedangkan lainnya disebut isim ma’rifat. Yaitu, isim yang menunjukkan arti sesuatu yang sudah tertentu. Isim ma’rifat ada enam :
1. Isim dlomir.(اسم ضمير)
Adalah lafadz yang menunjukkan arti kata ganti orang pertama (متكلم), orang kedua (مخاطب/مخاطبة), atau kata ganti orang ketiga (غائب/غائبة).
Contoh : اناَ ناَئِمٌ – اَنْتَ قاَرِئٌ - هُوَطاَلِعٌ
2. Isim alam.(اسم علم)
Adalah nama-nama tertentu atau panggilan-panggilan tertentu. Isim alam ada tiga. Yaitu :
- Alam kun-yah(علم كنية). Ialah nama atau panggilan yang dimulai dengan lafadz اَبٌ – اُمٌّ – ابْنٌ – بِنْتٌ
Contoh : اُمُّ عَمْرٍى – ابُوْ عَبْدِالله – ابْنُ عُمَر – بِنْتَ رَسُوْلِ الله
- alam laqob(علم لقب). Ialah nama atau panggilan yang dipergunakan untuk memuji atau mencela.
Contoh : مُرْشِدٌ (panggilan untuk orang yang tugasnya memberi pengarahan)
كَهْفِ الظُّلْمِ (sebutan untuk tempat berbuat jahat).
- alam isim (علم اسم) Ialah nama-nama tertentu atau panggilan tertentu yang bukan kun-yah dan bukan laqob.
Contoh : جَعْفَر (nama seorang laki-laki), مَكَّة (nama sebuah kota)
3. Isim Isyaroh.(اسم اشارة)
Ialah isim yang menunjukkan sesuatu yang tertentu, baik isyarat dengan tangan atau lainnya.
Contoh : هٰذَا قَلَمٌ – هٰذِهِ سَبُّوْرَةٌ
4. Isim mausul.(اسم موصول)
adalah kalimat isim yang dapat dimengerti tujuannya sebab adanya sambungan sesudahnya. Adapun sambungan itu dinamakan silah/صلة dan silah harus berupa jumlah yang mengandung ‘aid/عائد (dlomir yang kembali pada isim mausul). Contoh : الَّذِيْنَ امَنُوْا – جاَءَ رَجُلٌ الّذِى نَصَرَ كَرِيْماً
5. Isim nakiroh yang sudah menerima ال mu’atsir (ال مُؤَثِّر)
Contoh : رَجُلٌ menjadi الرَّجُلُ
اِنْساَنٌ menjadi اللإنْساَنُ
6. Isim nakiroh yang sudah di sandarkan pada salah satu isim ma’rifat lima macam di atas.
Contoh : مَحَلُّ اْلإجاَبَةِ – عُمَرُعاَدِلُ اْلأَئِمَّةِ
ATHOF (العَطْف)
Athof / عطف ialah lafadz yang dihubungkan dengan lafadz lain.
Athof ada dua. Yaitu;
1. Athof nasaq (عطف نسق).
adalah lafadz yang mengikuti lafadz lain dengan menggunakan perantaraan huruf Athof. Sedang huruf Athof itu ada sepuluh yaitu:
وَ – فَ – اَوْ – اَمْ – ثُمَّ – حَتّٰى – بَلْ – لَا – لَكِنْ – إمَّا
Yang terkumpul dalam bait : بِالْواَوِ وَالْفاَ اَوْ وَاَمْ وَثُماَّ * حَتَّى وَبَلْ وَلاَ وَلٰكِنْ إِمَّا
No | Amil | Arti | Contoh | |
Jawa | Indonesia | |||
1 | وَ | Lan | Dan | جَلَسَ عَلِىٌّ وَ عُمَرُ |
2 | فَ | Nuli | Kemudian | جَاءَ عُبَيْدٌ فَـسَعِيْدٌ |
3 | ثُمَّ | جاء عُبَيْدٌ ثُمَّ سَعِيْدٌ | ||
4 | اَوْ | Utowo | Atau | تَزَوَّجْ زَيْنَبَ اَوْ اُخْتَهَا |
5 | اَمْ | Utowo/tetapine | Atau | اَ زَيْدٌ عِنْدَكَ اَمْ جُنَيْدٌ |
6 | حَتّٰى | Sehinggo | Sehingga | ماَتَ النَّاسُ حَتّٰى الأَنْبِياۤءُ |
7 | بَلْ | Tetapine | Tetapi/bahkan | اِضْرِبْ سَعِيْدًا بَلْ فَرِيْدًا |
8 | لاَ | Ora | Bukan/tidak | جاَءَ عَلِىٌّ لاَ عُثْمَانُ |
9 | لَكِنْ | Tetapine | Tetapi/bahkan | لَمْ يَكُنْ جُنَيْدٌ لَكِنْ زَيْدٌ |
10 | إمَّا | Ono kalane | adakalanya | قاَمَ إمَّا زَيْدٌ وَإِمَّا عَمْرٌو |
2. Athof bayan(عطف بيان).
Adalah lafadz yang mengikuti yang menyerupai sifat. Atau na’at yang menjelaskan matbu’nya (lafadz yang di ikuti) jika berupa isim ma’rifat, dan menkhususkan matbu’nya jika berupa isim nakiroh.
Contoh : اَقْسَمَ بِا للهِ اَبُوْ حَفْصٍ عُمَرُ - مِنْ مَاءٍ صَدِيْدٍ (dari air, yaitu nanah)
[1] . wawu jama’ ialah wawu yang menunjukkan arti banyak
[2] . dlomir rofa’ mutaharrik ialah isim dlomir muttasil yang bermahal rofa’ dan berharokat bukan yang sukun
[3] .nun jama’ niswah/inats ialah nun yang menunjukkan arti perempuan banyak
[4] .nun taukid ialah nun yang berfungsi untuk menguatkan pada artinya
[5] . sesuatu itu adalah : alif tasniyyah, wawu jama’ dan ya’ mu’annas mukhotobah
[6] .baik jumlah ismiyah atau jumlah fi’liyah
[7] .dhorof atau jer majrur
0 komentar:
Posting Komentar